PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS KEBIDANAN
PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS KEBIDANAN
Disusun Oleh:
KELOMPOK 1
Adisna Maya Anggraini
Ariyanti Deska Syaputri
Asdella Fitri Masitha
Ayu Prasetya Ningsih
Ayu Widya Putri
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN TANJUNG KARANG
JURUSAN DIV KEBIDANAN
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kepada Tuhan atas berkat
berkat dan rahmatnya sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
Makalah ini terdiri dari pokok pembahasan mengenai “Prinsip
Etika Dan Moralitas Kebidanan”
Kami sadar, sebagai mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan dalam makalah ini masih
jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran yang bersifat positif, guna penulisan makalah yang lebih baik lagi di
masa yang akan datang.
Bandar Lampung, maret 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................. i
KATA PENGANTAR .......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iii
BAB I PENDHULUAN
1.1 Latar Belakang....................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.................................................................................. 1
1.3 Tujuan.................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Etika, Etiket, Moral dan
Hukum.......................................... 3
2.2 Sistematika Etika................................................................................... 6
2.3 Fungsi Etika Dan Moralitas Dalam Pelayanan
Kebidanan.................... 7
2.4 Sumber Etika.......................................................................................... 7
2.5 Hak Kewajiban Dan Tanggung
Jawab................................................... 8
BAB IIIPENUTUP
3.1 Kesimpulan ......................................................................................... 14
3.2 Saran ................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Etika dalam pelayanan kebidanan
merupakan isu utama diberbagai tempat, dimana sering terjadi karena kurang
pemahaman para praktisi pelayanan kebidanan terhadap etika. Pelayanan kebidanan
adalah proses dari berbagai dimensi.
Peningkatan pengetahuan dan teknologi
yang sedemikian cepat dalam segala bidang serta meningkatnya pengetahuan
masyarakat berpengaruh pula terhadap meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu
pelayanan kesehatan termasuk pelayanan keperawatan atau kebidanan. Hal ini
merupakan tantangan bagi profesi keperawatan dan kebidanan dalam mengembangkan
profesionalisme selama memberi pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan
yang tinggi memerlukan landasan komitmen yang kuat dengan basis pada etik dan
moral yang tinggi.
Sikap etis profesional yang kokoh
dari setiap perawat atau bidan akan tercermin dalam setiap langkahnya, termasuk
penampilan diri serta keputusan yang diambil dalam merespon situasi yang
muncul. Oleh karena itu pemahaman yang mendalam tentang etika dan moral serta
penerapannya menjadi bagian yang sangat penting dan mendasar dalam memberikan
asuhan keperawatan atau kebidanan dimana nilai-nilai pasen selalu menjadi
pertimbangan dan dihormati.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka
penulis mencoba merumuskan dan membahas permasalahan dengan Judul ” Prinsip
Etika dan Moral dalam Pelayanan Kebidanan”.
1.3
Tujuan
Agar mahasiswa mampu memahami Prinsip dank
ode etik profesi bidan dalam pelayanan kebidanan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Etika, Etiket, Moral dan
Hukum
a.
Etika
Istilah
etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Kata Yunani ethos dalam bentuk tunggal
mempunyai arti kebiasaan-kebiasaan tingkah laku manusia, adat, akhlak, waktu,
perasaan, sikap dan cara berfikir. Dalam bentuk jamak ta etha mempunyai arti
adat kebiasaan. Menurut filsuf Yunani Aristoteles, istilah etika sudah dipakai
untuk menunjukkan filsafat moral. Sehingga berdasarkan asal usul kata, maka
etika berarti: ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan.
Etika berasal dari bahasa Inggris Ethics, artinya pengertian, ukuran tingkah
laku atau perilaku manusia yang baik, yakni tindakan yang tepat yagn harus
dilaksanakan oleh manusia sesuai dengan moral pada umumnya. Etika berasal dari
bahasa Latin Mos atau Mores (jamak), artinya moral, yang berarti juga adat,
kebiasaan, sehingga makna kata moral dan etika adalah sama, hanya bahasa
asalnya berbeda. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 1953),
Etika artinya ilmu pengetahuan tentang azas-azas akhlak (moral). Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 1988) etika mengandung arti:
1)
Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk tentang
hak dan kewajiban moral.
2)
Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.
3)
Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu
golongan atau masyarakat.
Sedangkan Bertens merumuskan arti kata etika sebagai berikut:
1)
Kata etika bisa dipakai dalam arti nilai-nilai dan
norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok
dalam mengatur tingkah lakunya, arti ini bisa dirumuskan sebagai sistem nilai.
Sistem nilai bisa berfungsi dalam hidup manusia perorangan maupun pada taraf
sosial.
2)
Etika berarti
kumpulan asas atau nilai moral. Yang dimaksud disini adalah kode etik.
3)
Etika mempunyai arti ilmu tentang apa yang baik atau
buruk.
b.
Moral
Moral
adalah nilai-nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu
kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Moral juga berarti mengenai apa yang
dianggap baik atau buruk di masyarakat dalam suatu kurun waktu tertentu sesuai
perkembangan atau perubahan norma atau nilai. Moralitas berasal dari bahasa
Latin Moralis, artinya:
1)
Segi moral suatu perbuatan atau baik buruknya.
2)
Sifat moral atau
keseluruhan azas dan nilai yang berkenaan dengan baik buruk.
c.
Etiket
Etiket
berasal dari bahasa Inggris Etiquette. Etika berarti moral, sedangkan etiket
berarti sopan santun. Persamaan etika dengan etiket adalah:
1)
Sama-sama menyangkut perilaku manusia.
2)
Memberi norma bagi perilaku manusia, yaitu menyatakan
tentang apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.
Untuk meningkatkan pemahaman kita
tentang etika dan etiket, maka berikut ini digambarkan mengenai perbedaan
antara etiket dengan etika:
Etiket
Etika
1.
Menyangkut cara suatu perbuatan yang harus dilakukan.
a.
Tidak terbatas pada cara dilakukannya suatu perbuatan,
memberi nilai tentang perbuatan itu sendiri.
b.
Hanya berlaku dalam pergaulan, bila tidak ada orang
lain tidak berlaku.
2.
Selalu berlaku, tidak tergantung hadir atau tidaknya
seseorang.
3.
Bersifat relatif, tidak sopan dalam satu kebudayaan,
sopan dalam kebudayaan lain.
4.
Bersifat absolut, contoh jangan mencuri, jangan
berbohong.
5.
Memandang manusia dari segi lahiriah.
6.
Memandang manusia dari segi batiniah.
d.
Kode Etik
Pengertian
kode etik adalah norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap profesi didalam
melaksanakan tugas profesinya dan didalam hidupnya di masyarakat. Kode etik
juga diartikan sebagai suatu ciri profesi yang bersumber dari nilai-nilai
internal dan eksternal suatu disiplin ilmu dan merupakan pengetahuan komprehensif
suatu profesi yang memberikan tuntunan bagi anggota dalam melaksanakan
pengabdian profesi.
e.
Hukum
Hukum
berhubungan erat dengan moral. Hukum membutuhkan moral. Hukum tidak mempunyai
arti, kalau tidak dijiwai oleh moralitas. Sebaliknya moral juga berhubungan
erat dengan hukum. Moral hanya sebatas hal yang abstrak saja tanpa adanya
hukum. Contoh bahwa mencuri itu adalah moral yang tidak baik, supaya prinsip
etis ini berakar di masyarakat maka harus diatur dengan hukum.
Menurut
Bertens, ada beberapa perbedaan antar hukum dan moral:
Hukum
Moral
1.
Hukum ditulis sistematis, disusun dalam kitab
undang-undang, mempunyai kepastian lebih besar dan bersifat obyektif.
a.
Moral bersifat subyektif, tidak tertulis dan mempunyai
ketidakpastian lebih besar.
b.
Hukum membatasi pada tingkah laku lahiriah saja dan
hukum meminta legalitas.
2.
Moral menyangkut sikap batin seseorang.
3.
Hukum bersifat memaksa dan mempunyai sanksi.
4.
Moral tidak bersifat memaksa, sanksi moral adalah hati
nurani tidak tenang, sanksi dari Tuhan.
5.
Hukum didasarkan atas kehendak masyarakat dan negara,
masyarakat atau negara dapat merubah hukum. Hukum tidak menilai moral.
6.
Moral didasarkan pada norma-norma moral yang melebihi
masyarakat dan negara, masyarakat dan negara tidak dapat merubah moral. Moral
menilai hokum
2.2 Sistematika Etika
Sebagai suatu ilmu maka
Etika terdiri atas berbagai macam jenis dan ragamnya antara lain :
a.
Etika
deskriptif, yang memberikan gambaran dan ilustrasi tentang tingkah laku manusia
ditinjau dari nilai baik dan buruk serta hal-hal mana yang boleh dilakukan
sesuai dengan norma etis yang dianut oleh masyarakat.
b.
Etika
normatif, membahas dan mengkaji ukuran baik buruk tindakan manusia, yang
biasanya dikelompokkan menjadi :
1.
Etika
Umum : yang membahas berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi manusia untuk
bertindak etis dalam mengambil kebijakan berdasarkan teori-teori dan
prinsip-prinsip moral.
2.
Etika
Khusus : terdiri dari etika sosial, etika individu dan etika terapan.
Etika sosial menekankan tanggungjawab sosial dan hubungan antar sesama manusia dalam aktivitasnya, Etika individu lebih menekankan pada kewajiban-kewajiban manusia sebagai pribadi.
Etika sosial menekankan tanggungjawab sosial dan hubungan antar sesama manusia dalam aktivitasnya, Etika individu lebih menekankan pada kewajiban-kewajiban manusia sebagai pribadi.
Etika terapan adalah etika yang diterapkan pada profesi
Pada tahun 2001 ditetapkan oleh MPR-RI dengan ketetapakn MPR-RI No. VI/MPR/ 2001 tentang Etika Kehidupan Bangsa. Etika kehidupan bangsa bersumber pada agama yang universal dan nilai-nilai luhur budaya bangsa yaitu Pancasila. Etika kehidupan berbangsa antara lain meliputi : Etika Sosial Budaya, Etika Politik dan Pemerintahan, Etika Ekonomi dan Bisnis, Etika Penegakkan Hukum yang Berkeadilan, Etika Keilmuan, Etika Lingkungan, Etika Kedokteran dan Etika Kebidanan.
Pada tahun 2001 ditetapkan oleh MPR-RI dengan ketetapakn MPR-RI No. VI/MPR/ 2001 tentang Etika Kehidupan Bangsa. Etika kehidupan bangsa bersumber pada agama yang universal dan nilai-nilai luhur budaya bangsa yaitu Pancasila. Etika kehidupan berbangsa antara lain meliputi : Etika Sosial Budaya, Etika Politik dan Pemerintahan, Etika Ekonomi dan Bisnis, Etika Penegakkan Hukum yang Berkeadilan, Etika Keilmuan, Etika Lingkungan, Etika Kedokteran dan Etika Kebidanan.
2.3
Fungsi Etika Dan Moralitas Dalam Pelayanan Kebidanan
1.
Menjaga
otonomi dari setiap individu khususnya Bidan dan Klien.
2.
Menjaga
kita untuk melakukan tindakan kebaikan dan mencegah tindakan yang
merugikan/membahayakan orang lain.
3.
Menjaga
privacy setiap individu.
4.
Mengatur
manusia untuk berbuat adil dan bijaksana sesuai dengan porsinya.
5.
Dengan
etik kita mengetahui apakah suatu tindakan itu dapat diterima dan apa
alasannya.
6.
Mengarahkan
pola pikir seseorang dalam bertindak atau dalam menganalisis suatu masalah.
7.
Menghasilkan
tindakan yang benar
8.
Mendapatkan
informasi tentang hal yang sebenarnya
9.
Memberikan
petunjuk terhadap tingkah laku/perilaku manusia antara baik, buruk, benar atau
salah sesuai dengan moral yang berlaku pada umumnya.
10.
Berhubungan
dengan pengaturan hal-hal yang bersifat abstrak.
11.
Memfasilitasi
proses pemecahan masalah etik.
12.
Mengatur
hal-hal yang bersifat praktik.
13.
Mengatur
tata cara pergaulan baik di dalam tata tertib masyarakat maupun tata cara di
dalam organisasi profesi.
14.
Mengatur
sikap, tindak tanduk orang dalam menjalankan tugas profesinya yang biasa
disebut kode etik profesi.
2.4 Sumber Etika
Pancasila adalah sumber
sumber nilai, maka nilai dasar Pancasila dapat dijadikan sebagai sumber
pembentukan norma etik (norma moral) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara. Nilai-nilai pancasila adalah nilai moral. Oleh karena itu, nilai
pancasila juga dapat diwujudkan kedalam norma-norma moral (etik). Norma-norma
etik tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman atau acuan dalam
bersikap dan bertingkah laku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
pancasila memegang peranan
dalam perwujudan sebuah sistem etika yang baik di negara ini. Disetiap saat dan
dimana saja kita berada kita diwajibkan untuk beretika disetiap tingkah laku
kita. Seperti tercantum di sila ke dua “ kemanusian yang adil dan beadab” tidak
dapat dipungkiri bahwa kehadiran pancasila dalam membangun etika bangsa ini
sangat berandil besar.
2.5 Hak Kewajiban Dan Tanggung Jawab
Hak
merupakan pengakuan yang dibuat oleh orang atau sekelompok orang terhadap orang
atau sekelompok orang lain. Ada beberapa macam hak, antara lain hak legal dan
moral. Hak legal merupakan hak yang didasarkan atas hukum. Hak moral adalah
didasarkan pada prinsip atau etis.
Setiap kewajiban seseorang berkaitan dengan hak orang
lain dan setiap hak seseorang berkaitan dengan kewajiban orang lain untuk
memenuhi hak tersebut. Menurut John Stuart Mill bahwa kewajiban meliputi
kewajiban sempurna dan kewajiban tidak sempurna. Kewajiban sempurna artinya
kewajiban didasarkan atas keadilan, selalu terkait dengan hak orang lain.
Sedangkan kewajiban tidak sempurna, tidak terkait dengan hak orang lain tetapi
bisa didasarkan atas kemurahan hati atau niat berbuat baik (Wahyuningsi, 2008).
Hak dan kewajiban adalah hubungan timbal balik dalam
kehidupan sosial sehari-hari. Pasien memiliki hak terhadap bidan atas pelayanan
yang diterimanya. Hak pasti berhubungan dengan individu, yaitu pasien.
Sedangkan bidan mempunyai kewajiban/keharusan untuk pasien, jadi hak adalah
sesuatu yang diterima oleh pasien. Sedang kewajiban adalah suatu yang diberikan
oleh bidan. Seharusnya juga ada hak yang harus diterima oleh bidan dan
kewajiban yang harus diberikan oleh pasien.
Menempatkan kebutuhan
pasen di atas kepentingan sendiri. Melindungi hak pasen untuk memperoleh
keamanan dan pelayanan yang berkualitas dari perawat. Selalu meningkatkan
pengetahuan, keahlian serta menjaga perilaku dalam melaksanakan tugasnya.
Tanggung jawab menunjukkan
kewajiban. Ini mengarah kepada kewajiban yang harus dilakukan untuk
menyelesaikan pekerjaan secara professional. Manajer dan para staf harus memahami
dengan jelas tentang fungsi tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing
perawat dan bidan serta hasil yang ingin dicapai dan bagaimana mengukur
kualitas kinerja stafnya. Perawat yang professional akan bertanggung jawab atas
semua bentuk tindakan klinis keperawatan atau kebidanan yang dilakukan dalam
lingkup tugasnya.
Tanggung jawab diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan kinerja yang ditampilkan guna memperoleh hasil pelayanan keperawatan atau kebidanan yang berkualitas tinggi. Yang perlu diperhatikan dari pelaksanaan tanggung jawab adalah memahami secara jelas tentang “uraian tugas dan spesifikasinya” serta dapat dicapai berdasarkan standar yang berlaku atau yang disepakati. Hal ini berarti perawat mempunyai tanggung jawab yang dilandasi oleh komitmen, dimana mereka harus bekerja sesuai fungsi tugas yang dibebankan kepadanya.
Tanggung jawab diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan kinerja yang ditampilkan guna memperoleh hasil pelayanan keperawatan atau kebidanan yang berkualitas tinggi. Yang perlu diperhatikan dari pelaksanaan tanggung jawab adalah memahami secara jelas tentang “uraian tugas dan spesifikasinya” serta dapat dicapai berdasarkan standar yang berlaku atau yang disepakati. Hal ini berarti perawat mempunyai tanggung jawab yang dilandasi oleh komitmen, dimana mereka harus bekerja sesuai fungsi tugas yang dibebankan kepadanya.
Untuk mempertahankannya,
perawat dan bidan hendaknya mampu dan selalu melakukan introspeksi serta arahan
pada dirinya sendiri (self-directed), merencanakan pengembangan diri secara
kreatif dan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas kinerjanya. Hal ini
diperlukan agar mereka dapat mengidentifikasi elemen-elemen kritis untuk
meningkatkan dan mengembangkan kinerja klinis mereka, guna memenuhi kepuasan
pasen dan dirinya sendiri dalam pekerjaannya. Mencatat respon dan perkembangan
pasen dengan lengkap dan benar merupakan salah satu tanggung jawab perawat
dalam melaksanakan tugasnya.
HAK PASIEN
Hak pasien adalah hak-hak pribadi yang dimiliki manusia
sebagai pasien/klien:
- Pasien berhak memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit atau instusi pelayanan kesehatan.
- Pasien berhak atas pelayanan yang manusiawi, adil dan jujur.
- Pasien berhak memperoleh pelayanan kebidanan sesuai dengan profesi bidan tanpa diskriminasi.
- Pasien berhak memilih bidan yang akan menolongnya sesuai dengan keinginannya.
- Pasien berhak mendapatkan ;nformasi yang meliputi kehamilan, persalinan, nifas dan bayinya yang baru dilahirkan.
- Pasien berhak mendapat pendampingan suami atau keluarga selama proses persalinan berlangsung.
- Pasien berhak memilih dokter dan kelas perawatan seuai dengan keinginannya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit.
- Pasien berhak dirawat oleh dokter yang secara bebas menentukan pendapat kritis dan pendapat etisnya tanpa campur tangan dad pihak luar.
- Pasien berhak meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di rumah sakit tersebut (second opinion) terhadap penyakit yang dideritanya, sepengatahuan dokter yang merawat.
- Pasien berhak meminta atas privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.
- Pasien berhak mendapat informasi yang meliputi:
- Penyakit yang diderita
- Tindakan kebidanan yang akan dilakukan
- Alternatif terapi lainnya
- Prognosisnya
- Perkiraan biaya pengobatan
12. Pasien berhak men yetujui/mem berikan izin atas tindakan
yang akan dilakukan oleh dokter sehubungan dengan penyakit yang dideritanya.
13. Pasien berhak menolak tindakan yang hendak dilakukan
terhadap dirinya dan mengakhiri pengobatan serta perawatan atas tanggungjawab
sendiri sesuadah memperoleh informasi yang jelas tentang penyakitnya.
14. Pasien berhak didampingi keluarganya dalam keadaan
kritis.
15. Pasien berhak menjalankan ibadah sesuai agama/kepercayaan
yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
16. Pasien berhak atas keamanan dan keselamatan dirinya
selama dalam perawatan di rumah sakit.
17. Pasien berhak menerima atau menolak bimbingan moril
maupun spiritual.
18. Pasien berhak mendapatkan perlindungan hukum atas
terjadinya kasus mal-praktek.
KEWAIIBAN PASIEN
- Pasien dan keluarganya berkewajiban untuk mentaati segala peraturan dan tat tertib rumah sakit atau institusi pelayanan kesehatan.
- Pasien berkewajiban untuk mematuhi segala instruksi dokter, bidan, perawat yang merawatnya.
- Pasien dan atau penangungnya berkewajiban untuk melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan rumah sakit atau institusi pelayanan kesehatan, dokter, bidan dan perawat.
- Pasien dan atau penangggungnya berkewajiban memenuhi hal-hal yang selalu disepakati/perjanjian yang telah dibuatnya.
- HAK BIDAN
- Bidan berhak mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya.
- Bidan berhak untuk bekerja sesuai dengan standar profesi pada setiap tingkat jenjang pelayanan kesehatan.
- Bidan berhak menolak keinginan pasien/klien dan keluarga yang bertentangan dengan peraturan perundangan dan kode etik profesi.
- Bidan berhak atas privasi dan menuntut apabila nama baiknya dicemarkan baik oleh pasien, keluarga maupun profesi lain.
- Bidan berhak atas kesempatan untuk meningkatkan diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan.
- Bidan berhak memperoleh kesempatan untuk mmingkatkan jenjang karir dan jabatan yang sesuai.
- Bidan berhak mendapat kompensasi dan kesejahteraan yang sesuai.
KEWAJIBAN BIDAN TERHADAP PASIEN
- Bidan wajib mematuhi peraturan rumah sakit sesuai dengan hubungan hukum antara bidan tersebut dengan rumah sakit bersalin dan sarana pelayanan dimana ia bekerja.
- Bidan wajib memberikan pelayanan asuhan kebidanan sesuai dengan standar profesi dengan menghormati hak-hak pasien.
- Bidan wajib merujuk pasien dengan penyulit kepada dokter yang mempunyai kemampuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan pasien.
- Bidan wajib memberi kesempatan kepada pasien untuk didampingi suami atau keluarga.
- Bidan wajib memberikan kesempatan kepada pasien untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya.
- Bidan wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang seorang pasien.
- Bidan wajib memberikan informasi yang akurat tentang tindakan yang akan dilakukan serta risiko yang mungkiri dapat timbul.
- Bidan wajib meminta persetujuan tertulis (informed consent) atas tindakan yang akan dilakukan.
- Bidan wajib mendokumentasikan asuhan kebidanan yang diberikan.
- Bidan wajib mengikuti perkembangan IPTEK dan menambah ilmu pengetahuannya melalui pendidikan formal atau non formal.
- Bidan wajib bekerja sama dengan profesi lain dan pihak yang terkait secra timbal balik dalam memberikan asuhan kebidanan
KEWAJIBAN
BIDAN TERHADAP SEJAWAT DAN TENAGA KESEHATAN LAINNYA
1.
Setiap bidan harus menjalin hubungan yang baik dengan teman sejawatnya
untuk menciptakan suasana kerja yang serasi.
2.
Setiap bidan dalam melaksanakan tugasnya harus saling menghormati baik
terhadap sejawatnya maupun tenaga kesehatan lainnya.
KEWAJIBAN
BIDAN TERHADAP PROFESINYA
1.
Setiap bidan wajib menjaga nama baik dan menjunjung tinggi citra profesinya
dengan menampilkan kepribadian yang tinggi dan memberikan pelayanan yang
bermutu kepada masyarakat.
2.
Setiap bidan wajib senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan
profesinya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.
Setiap bidan senantiasa berperan serta dalam kegiatan penelitian dan
kegiatan sejenisnya yang dapat meningkatkan mutu dan citra profesinya.
KEWAJIBAN
BIDAN TERHADAP DIRI SENDIRI
1.
Setiap bidan wajib memelihara kesehatannva agar dapat melaksanakan tugas
profesinya dengan baik.
2.
Setiap bidan wajib meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.
Setiap bidan wajib memelihara kepribadian dan penampilan diri.
KEWAJIBAN BIDAN TERHADAP PEMERINTAH NUSA, BANGSA DAN TANAH AIR
1.
Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya, senantiasa melaksanakan
ketentuan-ketentuan pemerintah dalam bidan kesehatan khususnya dalam pelayanan
KIA/ KB dan kesehatan keluarga.
2.
Setiap bidan melalui profesinya berpartisipasi dan menyumbangkan
pemikirannya kepada pemerintah untuk meningkatkan mutu jangkauan pelayanan
kesehatan terutama pelayanan KIA/KB dan kesehatan keluarga.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah mempelajari prinsip etika dan moralitas dalam pelayanan
kebidanan, kami menyimpulkan bahwa pentingnya etika dan kode etik yang mengatur
perilaku bidan dalam melaksanakan praktek dan seluruh aspek pengabdian
profesinya sesuai rambu-rambu yang ditetapkan oleh profesi dlam kode etiknya.
Karena ini merupakan salah satu ciri dari suatu provesi yang menjalankan
pengabdian profesinya secara profesional maka dari itu ikatan bidan Indonesia
telah menyusun etika dan kode etik kebidanan.
B. Saran
·
Pasien diberikan pelayanan kebidanan sesuai
dengan profesi bidan tanpa diskriminasi
·
Bidan berhak mematuhi peraturan rumah sakit
sesuai dengan hubungan hukum antara bidan tersebut dengan rumah sakit bersalin
dan sarana pelayanan dimana ia bekerja.
·
Bidan wajib memberikan pelayanan asuhan
kebidanan sesuai dengan standar profesi dengan menghormati hak-hak pasien.
DAFTAR PUSTAKA
http://dashabor.blogspot.com/2013/04/konsep-etika-moral-dalam-memberikan.html
https://www.google.com/search?q=ETIKET+KEBIDANAN&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-beta&channel=fflb
Komentar
Posting Komentar